Thursday, August 16, 2018

Thursday, August 16, 2018 August 16, 2018 - 2 komentar

Tutorial Bahasa C #22 : Typedef.


Typedef dalam pemrograman bahasa C
Assalamu’alaikum sobat pencari ilmu.

Nah pada artikel sebelum nya admin telah membahas tentang Struct dan union dalam pemrograman Bahasa C. kali ini admin akan mengulas sedikit tentang typedef. Mungkin kebanyakan pemula banyak yang salah kaprah tentang typedef dan struct yang dianggap sama saja. Padahal terdapat perbedaan diantara keduanya. Untuk lebih jelas silahkan sobat simak ulasan berikut.

Typedef

Dalam Bahasa pemrograman C, kita dapat mendefenisikan sendiri nama type sebuah object, yakni dengan perintah typedef. Typedef sering digunakan dan sangat dianjurkan untuk dipakai sebagai readability, yaitu untuk memberikan kemudahan baca bagi struktur data yang rumit / membingungkan seperti pointer ke pointer. Singkatnya typedef digunakan untuk menyederhanakan sintaks yang menyatakan struktur data yang kompleks.

Kebanyakan orang yang baru belajar pemrograman Bahasa C, mengganggp bahwa typedef merupakan bentuk pendeklarasian struct. Nyatanya typedef dan strcut merupakan dua hal yang berbeda. Jika struct merupakan bentuk atau struktur dari sebuah typedata bentukan, maka typedef memberikan nama untuk struktur tersebut agar dapat di akses dan digunakan sebagai type baru pada sebuah program.

Bentuk umum :
Typedef dalam pemrograman bahasa C
Contoh deklarasi dan pemanggilan :
Typedef dalam pemrograman bahasa C
Maka untuk pemanggilan typenya :
Typedef dalam pemrograman bahasa C
Untuk pengaksesan typedef sendiri selalu menyesuaikan dengan bentuk nya. Misalnya seperti pada contoh deklarasi dan pemanggilan type diatas. Variable i yang di deklarasikan dengan type bulat sebenarnya bertype integer. Jadi untuk pengeksesan variable i sama saja seperti pengaksesan variable integer lainnya. Begitupun pada variable z yang dideklarasikan dengan type Kompleks. Dimana Kompleks itu sendiri merupakan sebuah structure. Jadi pengaksesannya pun sama seperti pengaksesan sebuah structure. Untuk lebih jelasnya simak contoh berikut :

1. Type data bentukan yang menggunakan type data dasar integer.
#include <stdio.h>

typedef int bulat;

void main(){
    bulat i;
    i = 10;
    printf("%d",i);
}
Maka akan di dapatkan hasil :
Typedef dalam pemrograman bahasa C

2. Type data bentukan yang menggunakan structure.
#include <stdio.h>
#define PHI 3.14
typedef struct{
    double r, t, v;
}Kompleks;

void main(){
  
    Kompleks z;
    z.r = 10;
    z.t = 20;
    z.v = PHI * z.r * z.r * z.t;
    printf("volume tabung : %.2lf",z.v);
}
Maka akan di dapatkan output :
Typedef dalam pemrograman bahasa C

3. Typedef pada array

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

typedef int nilai[10];

void main(){
    int i,b;
    nilai alpro;
    for(i=0; i < 10; i++){
        alpro[i]= rand() % 100 + 1;
    }
    for(i=0; i < 10; i++){
        printf("%d\n",alpro[i]);
    }
}

Maka akan di dapatkan output :
Typedef dalam pemrograman bahasa C
Note : Nilai yang tampil akan selalu berubah-ubah, karena data yang terapat pada variable array alpro diisi secara acak.
Nah jadi sobat sudah tahu kan perbedaan typedef dan struct? Semoga aja sudah paham juga ya. Hanya ini yang dapat admin bagikan pada artikel typedef dalam pemrograman Bahasa C kali ini. Untuk artikel selanjut nya admin akan membahas tentang pointer dalam pemrograman Bahasa C.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu’alaikum.

2 comments: