Sunday, July 29, 2018

Sunday, July 29, 2018 July 29, 2018 - tanpa komentar

Tutorial Bahasa C #9 : Operator Bagian 1.

Operator Dalam Pemrograman Bahasa C. 

Operator Dalam Pemrograman Bahasa C : Bagian 1
Assalamu’alaikum sobat pencari ilmu.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang Peintah Input Dalam Bahasa C. Kali ini admin akan membahas sedikit tentang Operator dalam Bahasa C. Untuk pembahasan tentang Operator Dalam Bahasa C sendiri akan di bahas dalam dua artikel, karena ruang lingkup yang cukup banyak. Dan untuk bagian keduanya akan di bahas pada artikel selanjutnya.


Operator merupakan symbol atau karakter yang digunakan oleh program untuk melakukan sebuah operasi dalam sebuah proses program. Pada pemograman Bahasa C ada 6 jenis operator, Tapi yang akan di bahas kali ini hanya operator arithmetic, relation, logical dan assignment. Untuk mengetahui lebih jauh, silahkan simak ulasan berikut ini.

Operator Arithmetc

Operator Arithmetic (aritmatika) yang digunakan unutk operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, increment, dan decrement. Operator Arithmetic dapat digunakan pada semua tyoe data seperti char, int, double, dan float termasuk type signed dan unsigned.
Berikut operatornya :

Operator
Nama
Contoh
+
Penjumlahan
x + y
-
Pengurangan
x - y
*
Perkalian
x * y
/
Pembagian
x / y
%
Modulus
x%y
++
Increment
x++
--
Decrement
x--


Increment merupakan operasi bilangan dimana hasilnya adalah bilangan asal ditambah satu. Sedangkan Decrement merupakan operasi bilangan dimana bilangan hasil merupakan bilangan asal di kurang satu.
Contoh :
int x = 10;
x++;

maka hasil nilai x setelah program di jalankan adalah 11.

Operator Relation

Operatir Relation(relasi/hubungan) adalah operator yang digunakan untuk membandingkan nilai dari dua buah variable dengan hasil dari perbandingan berupa nilai Boolean(true atau false).

Operator
Nama
Contoh
==
Sama dengan
X == Y
!=
Tidak sama dengan
X != Y
Lebih besar
X > Y
Lebih kecil
X < Y
>=
Besar atau sama dengan
X >=Y
<=
Kecil atau sama dengan
X <= Y

Contoh : 
#include <stdio.h>
main(){
int i = 37;
int j = 42;
printf(" i=%d\n",i);
printf(" j=%d\n",j);
printf(" i==j=%d\n",(i==j));//false
printf(" i<j=%d\n",(i<j));//true
}
Operator Dalam Pemrograman Bahasa C : Bagian 1 

Dari contoh diatas hasil dari i == j adalah 0 yang mana 0 disini merupakan nilai Boolean yang berarti salah. Sedangkan nilai dari i < j adalah 1 yang berarti benar. Operator Logical Operator Logical(logika) adalah operator yang digunakan untuk menangani tipe data Boolean. 

Operator
Nama
Contoh
&&
And
A && B
||
Or
A || B
!
Not
!A
Nilai A dan B tidak selamanya merupakan variable, bisa saja terkadang dalah hasil dari proses lain.

Operator Assignment

Operator Asignment merupakan operator untuk memberikan nilai pada sebuah variable. Salah satu yang biasa kita gunakan adalah =, yang merupakan operator assignment yang paling dasar.
Operator
Asignment
Sama dengan
=
x = y
x = y
+=
x += y
x = x + y
-=
x -= y
x = x - y
*=
x *= y
x = x * y
/=
x /= y
x = x / y
%=
x %= y
x = x % y
<<=
x <<= y
x = x << y
>>=
x >>= y
x = x >> y
&=
x &= y
x = x & y
|=
x |= y
x = x | y
^=
x ^= y
x = x ^ y


Sampai disini sobat telah mengetahui tentang operator arithmetic, relation, logical dan assignment. Pada artikel selanjutnya yaitu Operator Dalam Bahasa C : Bagian 2 kita akan membahas tentang operator bitwise, misc dan beberapa fungsi yang digunakan sebagai operator matematika. Hanya ini yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Wassalamu’alaikum.

0 comment:

Post a Comment