Saturday, July 21, 2018

Saturday, July 21, 2018 July 21, 2018 - tanpa komentar

Tutorial Bahasa C #3 : Penginstallan Dev-C++.

Tutorial Penginstallan Dev-C++.


Assalamu’alaikum sobat pencari ilmu.


Pada artikel sebelumnya sobat sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan compiler,linker, dan IDE. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menginstall Dev-C++. IDE inilah nantinya akan kita gunakan selama pembahasan bahasa pemrograman C di pinterngoding.


Download Dev-C++

Dev-C++ yang admin gunakan merupakan versi terkahir yang di upload pada saat ini. Yaitu Dev-C++versi 5.11. Sebelum menginstal Dev-C++ ada hal penting yang harus kita miliki. Apa itu? Yap, tentu saja kita membutuhkan masternya. Untuk master Dev-C++ ini sendiri dapat sobat download pada link berikut:


Setelah mengunjungi link diatas, yang perlu sobat lakukan adalah menekan tombol download seperti pada gambar berikut :
penginstallan Dev C++


 
Setelah itu tunggu beberapa saat, hingga muncul jendela berikut, dan tekan tombol Save File Seperti pada gambar berikut :

penginstallan Dev C++ 

Install Dev-C++

Nah setelah proses download selesai, baru kita dapat menginstall Dev-C++ tadi. Langkah pertama adalah double click pada file Dev-Cpp 5.11 TDM-GCC 4.9.2 Setup.exe, kemudian akan tampil jendela pemilihan bahasa.

 penginstallan Dev C++
 penginstallan Dev C++

Disini admin memilih Bahasa inggris(English) yang secara default telah dipilih. Kemudian klick OK. Jendela persetujuan tentang lisensi pun muncul. 

 penginstallan Dev C++

Klick I Agree untuk setuju dan melanjutkan installasi. Halaman berikutnya adalah halaman pemilihan komponen yang akan diinstall bersamaan dengan Dev-C++
 penginstallan Dev C++
Pada halaman “Choose Components” type install nya admin pilih full dan opsi lainnya di biarkan saja (secara default) dan klick Next> untuk melanjutkan ke pemilihan lokasi install.
 penginstallan Dev C++
Pada halaman “Choose Install Location” lokasi yang admin pilih adalah lokasi default, tapi untuk sobat yang ingin menggantinya juga tak masalah. Kemudian klick Install, dan tunggu proses berikut hingga selesai.
 penginstallan Dev C++
Klick Finish pada jendela berikut dan aplikasi Dev-C++ akan secara otomatis terbuka.
 penginstallan Dev C++
Biasanya pada saat pertama kali aplikasi dijalankan (setelah diinstall). Akan muncul beberapa pengaturan awal. Admin hanya menggunakan pengaturan default, karena lebih nyaman saat menggunakannya. Beberpa pengaturan tersebut adalah sebagai berikut 
 penginstallan Dev C++
Yang pertama, pengaturan Bahasa, disini sobat dapat memilih ingin menggunakan Bahasa apa saat aplikasi dijalankan. Kalau admin lebih memilih Bahasa inggris (English), soalnya cuman ngerti yang Bahasa inggris. Kemudian klick Next, dan akan muncul jendela berikut
 penginstallan Dev C++
Pada halaman ini, sobat dapat mengganti font(jenis tampilan huruf) untuk listing yang teman ketikkan pada text editor Dev-C++. Selain itu sobat juga dapat mengganti warna tema dan icon sesuai dengan pilihan yang telah disediakan. Kemudian klick Next dan akan muncul jendela pemberitahuan bahwa konfigurasi terlah berhasil, seperti berikut.
 penginstallan Dev C++
Klick OK, dan selanjutnya akan muncul jendela aplikasi Dev-C++ seperti berikut :

  bahasa pemrograman c++ untuk pemula


Sampai disini penginstallan IDE Dev-C++ telah berhasil, dan siap untuk digunakan. Dalam tutorial kali ini kita terlah berhasil mengginstal IDE Dev-C++ yang nantinya akan digunakan sebagai tempat penulisan listing/kode Bahasa Pemrograman C. Pasti sobat sudah ga sabar buat mulai praktek. Tenang, pada artikel berikutnya, kita akan membahas tentang cara penulisan kode program Bahasa  C. Sekian dulu untuk pembahasan tentang cara menginstall IDE Dev-C++, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu’alaikum.

0 comment:

Post a Comment